Sabtu, 18 September 2010

Penjelasan tentang Gimmick (Alat Sulap)

Sumber: Artikel didapatkan dari bagas magic dan ditulis kembali oleh Faizal Rizky

Gimmick adalah sebuah alat bantu rahasia yang digunakan oleh pesulap. Letaknya tersembunyi sehingga penonton tidak dapat melihatnya dan tidak boleh tahu keberadaanya. Pull yang menarik sapu tangan ke dalam lengan baju adalah salah satu contoh gimmick. Kotak kaca disebut kotak gimmick karena dirancang dan dibuat sedemikian rupa untuk membantu anda menyembunyikan barang - barang yang akan anda munculkan. Kaca di dalam kotak kaca tersebut disebut feke, yaitu sebuah alat bantu rahasia yang letaknya tidak tersembunyi sehingga dapat dilihat, tetapi penonton tidak melihat dan menyadari keberadaanya. Penonton tidak mencurigai kaca yang dipasang dengan posisi diagonal di dalam kotak, karena penonton tidak menyadari adanya kaca ini dan yang terlihat oleh penonton adalah bagian dasar atau bagian belakang dalam kotak.

Sebuah gelas yang telah dihilangkan bagian dasarnya juga merupakan sebuah feke. Yang terlihat penonton bahwa ini adalah gelas normal, karena mereka tidak melihat dan menyadari bahwa yang mereka lihat sebenarnya adalah sebuah tabung yang berlubang bagian atas dan bawahnya. Ada banyak benda yang dapat dijadikan feke lainnya seperti short corner card / kartu gimmick, uang kertas lembaran seribu dan dua ribu dilem menjadi satu, pisau yang masing - masing sisi pegangannya dicat dengan warna berlainan dan sebagainya.

Hal yang terpenting adalah agar penonton tidak tahu bahwa barang - barang normal dapat dibuat menjadi feke. Tidak akan ada orang yang mengira anda akan menggunakan dua lembar uang kertas yang ternyata dilem menjadi satu. Yaitu orang - orang tahu bahwa kartu - kartu yang digunakan oleh pesulap telah diberi tanda sebelumnya, tetapi tidak pernah terbesit di kepala mereka bahwa kartu tersebut ditandai dengan cara memendekkan dua ujungnya. Untuk kepentingan sikses anda, hormatilah rahasia - rahasia di dalam sulap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar